ENTREPRENEUR CULTURE

Untuk mengurangi adanya pengangguran intelektual yang semakin lama semakin banyak jumlahnya, perguruan tinggi sebagai pencetak kaum intelektual hendaknya dapat mengembangkan entrepreneur culture. Hal ini untuk memberikan mind set kepada mahasiswa, bahwa setelah lulus ada pekerjaan mulia yang lain selain melamar pekerjaan pada perusahaan atau sebagai pegawai, yaitu membuka lapangan pekerjaan baru. Kemampuan soft skill ini hendaknya ditambahkan pada mahasiswa selain ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga beban moral university sebagai pencetak sarjana lebih ringan dengan adanya penguatan jiwa entrepreneur pada mahasiswa. Selain itu tentunya yang lebih berarti adalah untuk meminimalisasi tingkat pengangguran terdidik. Penekanan beban moral disini karena university merasa bertanggung jawab terhadap output yang telah dihasilkan.
Pengembangan entrepreneur culture ini selain adanya mata kuliah entrepreneur atau kewirausahaan juga diperkuat dengan pelatihan dan workshop entrepreneurship, kunjungan ke dunia usaha serta praktek usaha secara langsung. Sebenarnya hal ini sudah ada dukungan dan fasilitas dari Dirjen Tinggi (DIKTI), yaitu berupa Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan dan Hibah untuk pengembangan mahasiswa. Dana yang dikucurkan oleh DIKTI ini juga cukup lumayan untuk pengembangan softskill entrepreneurship untuk mahasiswa sebagai awal pengenalan dunia entrepreneur.
Kemampuan softskill lain yang mendukung entrepreneurship seperti leadership, kemampuan berkomunikasi dan kemampuan negosiasi perlu juga dikembangkan untuk mendukung entrepreneur culture di lingkungan kampus. Disamping itu untuk membentuk jiwa entrepreneurship pada mahasiswa yang nantinya akan terjun di masyarakat harus disertai dengan nilai dan budaya berupa budaya ulet dan pekerja keras dalam penciptaan lapangan kerja.

Sumber : http://lisakartikasari.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: